Friday, November 23, 2007

Madina, Humhas, Negri Awan


madina

Madina singkatan dari Mandailing Natal, adalah sebuah kabupaten paling selatan di Sumatera utara dan berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Menjadi daerah yang menjadi perlintasan bus-bus yang akan menuju ke Jawa. Ramai pastinya. Sayang pencapaian NISN-nya hingga 17 Nop 07 adalah NOL.Padahal Sewaktu workshop di Medan, saya telah berbicara dengan operatornya, baik untuk Jardiknas maupun NISN. Entah mengapa hal ini tetap terjadi.

Sampai di Panyabungan, ibukota kabupaten Madina, pukul 8.00 wib. hanya diperlukan watu 2 jam saja dari kota Sidempuan. Panyabungan kota yang cukup ramai, koneksi jardiknas di sini menggunakan vsat dan di share ke SMKN 1 Panyabungan. Secara geografis jelas Madina tidak seharusnya NISN-nya masih NOL.Ini artinya faktor non teknislah permasalahannya. Ketika sampai di kantor disdik, kami menemui Kasi datanya. Sayang beliau sama sekali tidak faham mengenai NISN. Beliau nampak sekali kebingungan. Jalan sana-sini mirip setrikaan. Lama kami ditinggalkan diruangannya. Selanjutnya beliau masuk kembali bersama seorang pengawas SLTA. Pak Pengawas inilah yang bercerita panjang lebar keadaan pendidikan di Madina ini, khususnya di bidang SDM nya. Menurut beliau ternyata kota sebesar Panyabungan ini masih kesulitan mendapatkan orang yang mampu mengoperasikan komputer (?)

Secara umum keberadaan kami di Madina boleh dikatakan tidak menghasilkan sesuatu yang berarti, karena operator NISN sedang berada di Medan, sementara yang lain sama sekali TIDAK tahu tentang NISN. Semua data ada di laptop sang operator.Sebelum kami undur diri, sang pengawas berjanji untuk menemui kami di Medan dengan membawa serta sang operator. Seperti biasa, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah kami tak berharap banyak akan janji ini.

follow up:
1. Ternyata sang pengawas berhasil membawa dengan paksa sang operator menemui kami di Medan. saat itu saya tanya apa masalahnya hingga pencapaian NISN-nya masih NOL. Sayang jawaban yang diberikan kurang nyambung. Saya coba menawarkan bantuan untuk memproses data, ternyata sang operator tidak mau dengan alasan yang unik. Saya coba bicara dengan sang pengawas, lalu dibujuknyalah sang operator agar mau menyerahkan beberapa data sekolah. Nampak dengan berat hati sang operator mau memberikan kepada saya.
2. Data yang kami terima ternyata masih mentah sekali, hingga hari ini kami masih memprosesnya.
3. Angka NOL belum pecah hingga hari ini, sepertinya kami harus mendatangi kesana lagi dan langsung bertemu dengan kepala dinas saja.

asima-dosa

Humbang Hasundutan (Humbahas)
Sama dengan Madina yang masih NOL.Ibukota kabupaten ini adalah Dolok Sanggul, terletak dibukit dekat Danau Toba, berudara sejuk dan cenderung dingin. Tiga jam perjalanan dari Sidikalang, Dairi, Operatornya seorang wanita. Begitu kami sampai dikantor disdik pukul 08.00 wib, kami langsung diceramahi olehnya (heheheh...). Lumayan sarapan kedua. Temuan:
1. Data masih NOL menurut operator dikarenakan kesalahan pusat dengan memberikan NPSN yang salah,
2. Data menurutnya sudah lengkap, sayang begitu kami ingin lihat di PC-nya sejak pagi hang kata sang operator yang sangat murah kata ini (hehehe.... lagi),
3. Bu Anas mencoba menjelaskan tentang sistem uploader yang baru, baru bicara sedikit eh... sudah dijawab dengan nada optimis, "pastilah saya paham, saya ini kan Sarjana Komputer pasti saya bisa memahaminya sistem yang baru ini". (Heheheheheheheh......lagi). Kali ini Jeng Anas kena batunya (wakakakakaak .....).
4. Sebagian data saya coba copy untuk membantunya, dengan sedikit membujuknya, akhirnya ia mau mengcopykannya, sayang setelah sampai Medan data tersebut tidak lengkap dan perlu kerja keras untuk membenahinya,
5. Hingga saat ini ternyata pencapaian NISN-nya masih NOL, diluar perkiraan kami. Mungkin kami harus bertemu dengan sang operator lagi, tapi kali ini kami harus punya strategi yang jitu untuk meredam semburannya. Sepertinya saya harus belajar ke Fredy Muli, pelatih PSMS Medan nih.

Itulah sebabnya untuk kedua kabupaten ini saya menyebutnya Negeri di Awan, tinggi dan sulit untuk menangkapnya, yang satu operatornya terlihat (maaf) agak lemah sementara yang satunya lagi terlihat tinggi sekaleeeeee.....

4 comments:

  1. ailapyumister1:25 PM

    Mun di kotabaru, kira2 kaya apa NISNnya. Sakali lagi lajari pang baulah theme blog nang kaya nang ada ni.

    ReplyDelete
  2. Dengan segala hormat dan penuh kerendahan hati, saya tidak tahu siapa anda. Kalau anda berminat mendesain silahkan ikut pelajaran saya. Datang saja pada kelas 2 MM, setelah saya kembali dari Medan. Sebaiknya anda meninggalkan identitas yang jelas agar saya tahu dengan siapa saya berhadapan. Maaf kalau kurang berkenan.

    ReplyDelete
  3. ailapyumister6:31 PM

    Ha... ha... ha..., wah.. wah.. dimintanya daftar ... cerdik juga. ntar klo udah tahu saya, pasti ngakak sendiri, kuncinya saya punya ...066, selamat bertugas n sukses

    ReplyDelete

Be a good person, please!!