Thursday, February 25, 2010

wHo wanna be aTEAcher?

Hari senien dan salassa kemaren saya berada di Komplek pabrik semen ITP Tarjun buat mentes calon guru SMA ITP Tarjun yang baru buka. Sore hari sepulang kantor saya bergegas ke pelabuhan penyebrangan Stagen ngejar Kapal Fery jam 18.00. Harinya gerimis dan sudah mulai gelap sampai di komplek ITP. Sayangnya saya ga pernah bertugas ke daerah ini, klo lewat aja sering. Setelah musing-musing mencari... akhirnya ketemu juga Guest house nya. Hehehhe.. lumayan bangget... tidur dengan layanan hotel berbintang tujuh... halah...:p

Esoknya, selasa pagi setelah sarapan yang enak saya langsung menuju ke lokasi tes tepatnya seleksi, di SMP ITP. Sebagian gurunya saya kenal. Masih muda-muda dan enerjik. Hm... andai seluruh guru di Kotabaru seperti anda-andi semua.... wow... senenngnya hati daku merancang kegiatan yang inovatif deh.. soale pasti banyak tantangan... Ada guru yang bisa ngomong Jepang...ohayou gozaimasu....heheheh... saya jawab,...genki desu..... ada yang bisa IT sambil nyerocos inggris... hehheeh... pokoke lengkap. Hm..... rindu jadi kepsek lageh nih....

Peserta tes tercatat 18 orang, dari beragam Perguruan Tipu, heheh tinggi lagi, Tes dibagi dua bagian, Tes untuk standar karyawan dan tes untuk keguruannya. Nah nyang keguruan ini jatah saya. Ini dibagi dua lagi. Teori keguruan dan Praktek mengajar. Sebelum dimulai, saya berdiskusi dahulu dengan panitianya. Intinya, saya ngomong ama mereka gini, "Lo jangan paksa gwe bilang guru ni bagus ngajarnya, padahal jelek!" hehheheh..... Dan tahukah jawabannya? gini nih, "Semua keputusan penilaian keguruan ada ditangan Bapak, dan kami tidak akan mengganggu gugat!"... Anda tahu dan pernah melihat langkah seorang cowboy yang menang waktu duel satu lawan satu? wakak..kakakkk.. begitulah langkah saya menuju ruang tes. Begitu masuk .. saya pandangi peserta tes satu persatu.hmm.. ada yang mirip Julia Perez ga nih.. klo ada bisa dicatat no hapenya nih... Heehheh lagi... pesertanya dah pada gugup...

Tes tertulis berlangsung 60 menit. Soalnya gampang2 susah. Lalu istirahat 15 menit dan ... mulailah tes mengajar... Hasilnya? Rasanya terlalu mahal deh klo mereka-mereka ini digajih 2,6 jt perbulan, bersih. dapet berbagai tunjangan. Tapi, semua terserah perusahaanlah.. yang penting saya mencoba menilai sebenar-benarnya dan Jujur saya katakan, Kita harus bekerja lebih keras lagih.

jaa, mata ne.
Sayounara.

2 comments:

  1. Anonymous9:53 AM

    2,6 juta per bulan? glekkk.... saya langsung tertarik nih pak..

    ReplyDelete
  2. yups.. tunjangan perumahan, kesehatan yang no limit dan laennya jelas dan terukur bagi yang berprestasi... mau?

    ReplyDelete

Be a good person, please!!