Thursday, February 28, 2013

Spiritualitas




Cukup lama saya membaca makna kata tersebut, yah Spiritualitas. awalnya, ketika saya harus mulai menguasai bidang pekerjaan baru, yaitu mengelola seksi peningkatan kompetensi, sesuai dengan permendikbud nomor 39 tahun 2012. Salah satu mata diklat adalah Kepemimpinan Spiritual. Saya secara serius mempelajari materi yang ada. Hm.. sepertinya ada yang kurang pas. saya coba mencari tahu ke mbah google. weleh.. tepat dugaan saya. Terlebih ketika saya terlibat diskusi dengan salah seorang dosen dari UNS. OMG!!! Semakin membuat saya ketagihan mencari referensi tentang itu.

Ketika saya berkesempatan bertugas ke Bali, saya menemenui kawan lama saya. Seorang dokter spesialis kandungan, yang minatnya kepada spiritualitas begitu tinggi. Diskusi yang berlangsung selama dua jam menghasilkan beberapa kesimpulan. utamanya, bagaimana menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. 

Pendapat seorang ahli, Fry, memberikan saya pemahaman mendalam tentang kepemimpinan spiritual. Intinya, sangat berbeda dengan kepemimpinan religitas. Walaupun, kalau sekilas kita mendengar, hampir-hampir mirip. Hanya golnya berbeda, yang satu untuk mencapai tujuan hidup beragama sementara satunya, bagaimana mencapai visi dan misi organisasi. sementara jalannya hampir mirip. Perbedaanya ya pada golnya tersebut.

Sebenarnya, ketika saya mulai mencoba melakukan internalisasi kedalam diri saya, saya menemukan contoh yang riil dan tak terbantahkan (menurut saya dan data). Contohnya, yah diri saya ini. Baik dulu dan sekarang. 

Dulu
tepatnya mulai tahun 2000-2004. Saya menjadi kepala SMKN dengan jumlah murid 700 an dan jumlah guru 50an serta tenaga TU kira-kira 5 orang. Komposisi dari sisi keyakinan yang dianut baik murid maupun guru dan staf, 99,9 % berbeda dengan saya. tetapi selama saya memimpin, tidak pernah ada hambatan yang berarti dikarenakan (mungkin) kepemimpinan spiritualitas yang saya terapkan sesuai. Sekarang saya sedang mencoba kembali mengingat-ingat. Apa-apa yang pernah saya lakukan ketika itu.

No comments:

Post a Comment

Be a good person, please!!